MKWK Polnep

Rencana Pembelajaran Semester & Materi Pembelajaran

Amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pembelajaran di Perguruan Tinggi wajib menyelenggarakan mata kuliah Agama, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia yang merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan sehingga mengekspresikan karakter Bangsa Indonesia. Pada proses pembelajaran di Perguruan Tinggi, empat mata kuliah tersebut menjadi sumber nilai dan pedoman yang terintegrasi dalam pengembangan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata Kuliah Wajib Kurikulum memiliki posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transformasi sikap serta perilaku mahasiswa Indonesia melalui proses pembelajaran. 

Mata kuliah agama merupakan pendidikan untuk membentuk mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan.

Pendidikan Agama Islam

Mata kuliah ini membahas tentang ajaran agama Islam yang dibahas berdasarkan syari’ah Islam, hal tersebut dilakukan untuk membangun generasi Islam yang beriman dan bertaqwa memiliki kepribadian yang berakhlaq mulia, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi terhadap kemajuan umat dan bangsa. Dengan demikian, materi pendidikan agama Islam diharapkan dapat mencetak generasi Islam di Indonesia yang menjadi ilmuwan Islami dan berjiwa nasionalis.

Materi Pembelajaran : 

  1. Ketuhanan dan Keimanan
  2. Ibadah Ajaran Islam
  3. Munakahat
  4. Muasyarat
  5. Muamalat
  6. Akhlak
  7. Agama dan Bela Negara
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Islam

  • CPMK 1 Mampu menjelaskan konsep tauhid dan rukun iman dalam Islam
  • CPMK 2 Mampu mengamalkan ajaran Islam sesuai Alquran dan Hadits
  • CPMK 3 Mampu meningkatkan semangat cinta tanah air dan nasionalisme
  • CPMK 4 Mampu menjelaskan sumber ajaran agama Islam
  • CPMK 5 Mampu menjelaskan hukum Islam (syariah Islam)
  • CPMK 6 Mampu menjelaskan adab muasyarat
  • CMPK 7 Mampu menjelaskan Islam dan Akhlak
  • CMPK 8 Mampu menjaga semangat mendekatkan diri kepada Allah

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Buku Ajar Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Katholik

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa konsep-konsep yang berkaitan dengan panggilan hidup menurut Kitab Suci; hakikat relasi manusia dengan diri, sesama, alam dan Tuhan; mensintesiskan iman dan agama dalam dalam konteks pluralisme; mengkaji tokoh Yesus Kristus dan misteri Allah Tritunggal; dan menunjukkan dimensi iman dan gereja yang memasyarakat

Materi Pembelajaran :

 

  1. Panggilan Hidup Manusia menurut Kitab Suci
  2. Relasi dengan Diri Sendiri dan Pengenalan Diri
  3. Relasi dengan Sesama dan Ajaran Sosial Gereja
  4. Relasi dengan Alam dan Tanggung Jawab Ekologis
  5. Relasi dengan Tuhan dan Keterbukaan pada Kebaikan
  6. Agama dan Iman dalam Pluralitas
  7. Yesus Kristus, Tritunggal dan Gereja
  8. Gereja dan Iman yang Memasyarakat
 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Katholik

 

  • CPMK1 : Mahasiswa mampu menjelaskan panggilan hidup manusia menurut Kitab Suci
  • CPMK2 : Mahasiswa mampu menguraikan relasi dengan diri dan pengenalan diri, relasi dengan sesama dan ajaran sosial gereja tentang pajak, relasi dengan alam dan tanggung jawab ekologis, relasi dengan Tuhan dan keterbukaan pada kebaikan
  • CPMK3 : Mahasiswa mampu memadukan iman dan agama yang dihidupi dalam konteks pluralitas
  • CPMK4 : Mahasiswa mampu menjelaskan tokoh Yesus Kristus, Tritunggal dan Gereja
  • CPMK5 : Mahasiswa mampu menunjukkan Gereja dan Iman yang memasyarakat.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Katholik

Buku Ajar Pendidikan Agama Katholik

Pendidikan Agama Kristen

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari konsep Ketuhanan, Yang Maha Esa, hakekat manusia dan kualitas iman, moral dan etika serta pergaulan yang menyangkut peran dan tanggung jawabnya dalam kehidupan, dirinya merupakan bagian dari masyarakat dan dapat berperan aktif dalam memajukan masyarakatnya. Mahasiswa belajar mendalami keimanan dan melakukan dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan spiritual dan religiusitas dengan berpedoman pada Firman Allah. Mahasiswa dapat menjadi pelaku Firman Tuhan serta berperilaku sesuai dengan Iman Kristen di tengah-tengah dunia yang heterogen sehingga dengan sikap toleransi dan cara bergauol yang baik itulah, mahasiswa menjadi saksi-saksi iman Kristen saat menjalankan peran sebagai anggota masyarakat dan warga negara.

 

Materi Pembelajaran :

  1. Allah dalam Kepercayaan Kristen
  2. Agama dan fungsinya dalam kehidupan manusia.
  3. Manusia menurut ajaran kristen
  4. Gereja
  5. Moral dan cara bergaul yang baik
  6. Etika dan pembentukan karakter kristiani
  7. Anti Narkoba
  8. Anti Korupsi
  9. Sadar Pajak
  10. Hukum Positif
  11. Masyarakat Madani
  12. Hubungan Iman Kristen dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Budaya
  13. Demokrasi dan Politik bagi manusia ciptaan Allah
  14. Meciptakan kerukunan Antar Umat Beragama
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Kristen

  • CPMK1 : Mampu menjelaskan konsep Allah dan Iman Kristen
  • CPMK2 : Mampu menjelaskan dan menganalisa agama dan fungsinya dalam kehidupan
  • CPMK3 : Mampu menjelaskan konsep manusia dari sudaut pandang Iman Kristen
  • CPMK4 : Mampu menjelaskan konsep gereja di tengah-tengah dunia
  • CPMK5 : Mampu menjelaskan makna moral dan melakukan cara bergaul yang baik sesuai ajaran Kristen
  • CPMK6 : Mampu menjelaskan arti antiu narkoba, anti korupsi dan sadar pajak serta melakukan dalam kehidupan.
  • CPMK7 : Mampu menjelaskan dan menganalisa hubungan Iman Kristen denga Ilmu Pengetahuan, Teknokogi, Seni dan Budaya.
  • CPMK8 : Mampu menjelaskan dan melakukan konsep toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen

Buku Ajar Pendidikan Agama Kristen

 

Pendidikan Agama Hindu

Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menyampaikan argumen akademik dan/atau profesional tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Hindu sebagai komponen mata kuliah wajib umum pada program diploma dan sarjana. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan, membentuk sikap, kepribadian, keterampilan peserta didik dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama Hindu yang menyelaraskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta menjadikan agama Hindu sebagai landasan etika moral dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Materi Pembelajaran :

  1. Tujuan dan fungsi MKWU Pendidikan Agama Hindu dalam membangun basis kepribadian humanis bagi mahasiswa
  2. Peran sejarah perkembangan agama Hindu dalam memberi pembelajaran positif
  3. Ajaran brahma vidya (teologi) dalam membangun sraddha dan bhakti (iman dan takwa) mahasiswa
  4. Peran studi veda dalam membangun pemahaman mahasiswa tentang eksistensi veda sebagai kitab suci dan sumber hukum
  5. Konsep manusia Hindu dalam membangun kepribadian mahasiswa yang berjiwa pemimpin, taat hukum, sehat kreatif dan adaptif
  6. Ajaran susila Hindu dalam membangun moralitas mahasiswa Hindu
  7. Peran seni keagamaan dalam membentuk kepribadian yang estetis
  8. Membangun kerukunan sesuai ajaran Hindu
  9. Bagaimana membangun kesadaran mahasiswa sebagai mahluk sosial sesuai ajaran Hindu (reff. MKWU Dikti)
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Hindu

  • CPMK1 : Mahasiswa mampu memahami tujuan dan fungsi MKWU Pendidikan Agama Hindu dalam membangun basis kepribadian humanis bagi mahasiswa
  • CPMK2 : Mahasiswa mampu memahamai bagaimana peran sejarah perkembangan agama Hindu dalam memberi pembelajaran positif
  • CPMK3 : Mahasiswa memahami ajaran brahma vidya (teologi) dalam membangun sraddha dan bhakti (iman dan takwa) mahasiswa
  • CPMK4 : Mahasiswa dapat memahami peran studi veda dalam membangun pemahaman mahasiswa tentang eksistensi veda sebagai kitab suci dan sumber hukum
  • CPMK5 : Mahasiswa dapat memahami konsep manusia Hindu dalam membangun kepribadian mahasiswa yang berjiwa pemimpin, taat hukum, sehat kreatif dan adaptif
  • CPMK6 : Mahasiswa bisa memahami ajaran susila Hindu dalam membangun moralitas mahasiswa Hindu
  • CPMK7 : Mahasiswa dapat memahami peran seni keagamaan serta mengaplikasikannya sehinga memunculkan kepribadian yang estetis
  • CPMK8 : Mahasiswa dapat memahami dan membangun kerukunan sesuai ajaran Hindu
  • CPMK9 : Mahasiswa mampu memahami dan membangun kesadaran mahasiswa sebagai mahluk sosial sesuai ajaran Hindu.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Hindu

Buku Ajar Pendidikan Agama Hindu

 

Pendidikan Agama Buddha

Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari konsep Ketuhanan Yang Maha Esa, hakekat manusia dan kualitas batin yang menyangkut peran dan tanggung jawabnya dalam kehidupan, dirinya merupakan bagian dari masyarakat dan dapat berperan aktif dalam memajukan masyarakatnya. Mahasiswa belajar moralitas untuk mencapai kebahagiaan tertinggi, di samping samādhi dan pañña, belajar hukum yang dibuat manusia dengan hukum universal dan memadukan peranan sains dan Ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa belajar budaya, politik, dan kerukunan antarumat beragama dalam kajian agama Buddha. (reff. Kementerian Agama)

 

Materi Pembelajaran :

  1. Sāddha dalam sutta dan sumber lain; implementasi sāddha dalam kehidupan sehari-hari; konsep Ketuhanan; spiritualitas filsafat ketuhanan; permasalahan keagamaan yang aktual dan faktual.
  2. Konsepsi manusia dalam agama Buddha; tujuan hidup manusia dalam agama Buddha; eksistensi dan martabat manusia; pencerahan manusia dalam kajian Buddha; peran dan tanggungjawab manusia; pajak dalam kehidupan sehari-hari; nilai pajak dalam pembangunan dan kontek sejarah Indonesia.
  3. Masyarakat buddhis; hak dan kewajiban warga negara Indonesia sebagai wujud nasionalisme buddhis; pemberdayaan masyarakat Buddha; sinergi dana paramita dan pajak dalam kesejahteraan masyarakat Indonesia; demokrasi menurut ajaran Buddha.
  4. Konsep hukum; empat kebenaran mulia; hukum karma dan punarbhava; hukum tiga corak umum; hukum sebab musabab yang saling bergantungan; peran agama Buddha dalam perumusan dan penegakan hukum; fungsi profetik agama dalam hukum; aspek penegakan hukum dalam peradilan perpajakan
  5. Nilai dan moral sebagai landasan hidup
  6. Ilmu pengetahuan dan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari; tanggungjawab ilmuan terhadap alam dan lingkungan; seni dan kehidupan manusia;
  7. Budaya dan agama Buddha;
  8. Politik dalam kajian agama buddha; pengertian konsep politik; cara-cara menjalankan roda pemerintahan yang baik menurut cakkavati sihananda sutta dan kuttadanta sutta; agama buddha dan kebangsaan; empat jenis atau tingkatan manusia; tujuh syarat kesejahteraan bangsa; konsep dasa raja dhamma; konsep dhammavijaya raja asoka; peran tokoh-tokoh buddhis dalam politik; pengelolaan perpajakan oleh negara.
  9. Moderasi beragama; analisis sektarian dan nonsectarian; pluralitas dalam agama Buddha; multikulturalisme dalam agama buddha; inklusivisme dalam agama Buddha; eksklusivisme dalam agama Buddha; toleransi beragama dalam konsep: upali sutta, kalama sutta, pemerintah raja Asoka; konsepsi inklusif dan eksklusif tentang agama; hak asasi untuk beragama (UUD 1945);
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Buddha

  • CPMK1 : Mahasiswa mampu menyusun kembali konsep Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • CPMK2 : Mahasiswa mampu menguraikan hakekat manusia dan kualitas batin yang menyangkut peran dan tanggung jawabnya dalam kehidupan.
  • CPMK3 : Mahasiswa mampu memberikan argumen bahwa dirinya merupakan bagian dari masyarakat dan dapat berperan aktif dalam memajukan masyarakatnya.
  • CPMK4 : Mahasiswa mampu membandingkan berlakunya hukum yang dibuat manusia dengan hukum universal.
  • CPMK5 : Mahasiswa mampu memeriksa moralitas untuk mencapai kebahagiaan tertinggi, di samping samādhi dan pañña.
  • CPMK6 : Mahasiswa mampu memadukan peranan sains dan Ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari.
  • CPMK7 : Mahasiswa mampu mengabstraksi budaya dalam agama Buddha.
  • CPMK8 : Mahasiswa mampu menguraikan politik dalam kajian Agama Buddha.
  • CPMK9 : Mahasiswa mampu menciptakan kerukunan antarumat beragama dalam kajian agama Buddha.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Buddha

Buku Ajar Pendidikan Agama Budha

 

Pendidikan Agama Khong Hu Cu

Kitab suci, tujuan hidup, aktifitas yang seharusnya dilakukan dalam upaya menjalani hidup sebagai seorang Junzi, bagaimana penciptaan alam semesta dan manusia serta kaitannya dengan hakikat keberadaan sebagai manusia, Ketuhanan dan keimanan dalam agama Ru-Khonghucu, Nabi dan Kenabian, Shenming dan kaitannya dengan rumah ibadat, peribadatan dan hari-hari besar keagamaan beserta nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya, yang tidak terlepas dari kajian yang berdasarkan konsep yin-yang, Tian Di Ren dan sejarah yang diharapkan mendorong mahasiswa mempunyai iman dan etika moral yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena keyakinannya bahwa Hanya Kebajikan yang berkenan di hadapan TIAN. Dengan perkuliahan ini, mahasiswa memahami bahwa untuk mencapai tujuannya yang hakiki sebagai manusia, diperlukan upaya sadar dan penuh iman untuk mengaplikasikan nilai Religious dan Filosofis agama Ru-Khonghucu dalam kehidupan jasmani dan rohaninya.

 

Materi Pembelajaran :

  1. Konsep Ketuhanan dalam agama Khonghucu
  2. Tujuan Hidup dan setelah kehidupan
  3. Esensi dan Urgensi Nilai Nilai Agama
  4. Konsep hakikat, martabat, dan tanggungjawab manusia
  5. Perkembangan pemikiran ajaran Khonghucu dalam menjawab tantangan perubahan zaman.
  6. Konsep pendidikan, sosial budaya, hukum dan politik
  7. Konsep ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi serta lingkungan hidup
  8. Agama sebagai Sumber Moral dan Ahklak Mulia, konsep keragaman dan keberagaman serta kontribusinya dalam sejarah peradaban dunia
  9. Peran dan fungsi generasi muda sebagai agen perubahan
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Agama Kong Hu Cu

  • CPMK1 : Mampu menjelaskan konsep Ketuhanan dalam agama Khonghucu
  • CPMK2 : Mampu menjelaskan tujuan hidup dan setelah kehidupan
  • CPMK3 : Mampu membuat esensi dan urgensi nilai-nilai agama
  • CPMK4 : Mampu menjelaskan hakikat, martabat, dan tanggungjawab manusia
  • CPMK5 : Mampu Perkembangan pemikiran ajaran Khonghucu dalam menjawab tantangan perubahan zaman.
  • CPMK6 : Mampu menjelaskan Konsep pendidikan, sosial budaya, hukum dan politik
  • CPMK7 : Mampu menjelaskan Konsep ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi serta lingkungan hidup
  • CPMK8 : Mampu menjelaskan Konsep Agama sebagai Sumber Moral dan Ahklak Mulia dan Konsep keragaman dan keberagaman serta kontribusinya dalam sejarah peradaban dunia
  • CPMK9 : Mampu memahami Peran dan fungsi generasi muda sebagai agen perubahan (S-6, S-10, KU-2, KU-3, KU-4);
  • CPMK10 : Mampu menjelaskan konsep Ketuhanan dalam agama Khonghucu
  • CPMK11 : Mampu menjelaskan tujuan hidup dan setelah kehidupan
  • CPMK12 : Mampu membuat esensi dan urgensi nilai-nilai agama
  • CPMK13 : Mampu menjelaskan hakikat, martabat, dan tanggungjawab manusia
  • CPMK14 : Mampu Perkembangan pemikiran ajaran Khonghucu dalam menjawab tantangan perubahan zaman.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Agama Khong Hu Cu

Buku Ajar Pendidikan Agama Khong Hu Cu

 

 

Pendidikan Etika dan Religiusitas

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa. Mata Kuliah ini akan memberikan gambaran mengenai hakekat dari ke-Tuhanan dan agama. Dimulai dari kebenaran tentang Tuhan hingga sejarah masuknya agama-agama di Indonesia sampai dialog antar umat beragama.

 

Materi Pembelajaran :

  1. Terbuka kepada hal-hal Gaib
  2. Gambaran manusia tentang Tuhan
  3. Beriman dan Beragama
  4. Ibadat kepada Tuhan 
  5. Hari-hari besar keagamaan 
  6. Komunikasi pribadi dengan Tuhan 
  7. Mencintai dengan tulus 
  8. Menahan dan mengendalikan diri 
  9. Rendah hati dan mau mengampuni 
  10. Setia pada kebenaran 
  11. Berlaku arif dan bijaksana 
  12. Mengembangkan dialog antar agama 
  13. Bersama-sama membangun dunia yang manusiawi
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Pendidikan Etika dan Religiusitas

  • CPMK1 : Mahasiswa mengetahui dan memahami makna beriman kepada Tuhan dan hakekat agama
  • CPMK2 : Mahasiswa mengetahui dan memahami ritual keagamaan
  • CPMK3 : Mahasiswa mampu menghayati iman dalam kehidupan nyata
  • CPMK4 : Mahasiswa mampu mengimplementasikan toleransi beragama
  • CPMK5 : Mahasiswa mampu mengimplementasikan dialog antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari

RPS Mata Kuliah Pendidikan Etika dan Religiusitas

Buku Ajar Pendidikan Etika dan Religiusitas

Mata kuliah bahasa Indonesia merupakan pendidikan yang menjadikan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, menjadikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan menjadi alat pemersatu bangsa.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mata kuliah ini bertujuan membangun dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir ide-ide atau konsep-konsep untuk dikomunikasikan kepada pihak lain sehingga terjalin interaksi antargagasan yang berkesinambungan dan menghasilkan proses transfer ilmu dan pengelolaan keilmuan yang berjalan efektif. Didasari oleh penguasaan atas sikap wawasan dasar yang mencakup hakikat bahasa, sejarah dan perkembangan bahasa pengetahuan, dan fungsi-fungsi bahasa serta ragam dan larasnya, penyusunan kalimat efektif, paragraf, dan jenis karangan, diksi, teknik penulisan, penyuntingan hasil menulis, mencakup menulis artikel ilmiah, menyusun karya ilmiah, menyusun pengutipan, dan daftar pustaka, serta memproduksi dan mereproduksi teks-teks dari berbagai sumber ilmiah. Tujuan akhir perkuliahan adalah mahasiswa diharapkan mampu berbicara dan menulis dengan baik dan benar dalam bahasa Indonesia laras akademik/ilmah.

Materi Pembelajaran :

  1. Hakikat bahasa, konsep bahasa dan fungsi bahasa
  2. Ragam dan laras bahasa
  3. Kalimat dan kalimat efektif dalam penulisan ilmiah
  4. Paragraf dalam teks akademik
  5. Diksi dalam bahasa
  6. Topik, tujuan, dan tesis
  7. Teknik penulisan karya ilmiah
  8. Cara mensitasi, abstrak, kutipan, sistem rujukan dan daftar pustaka
  9. Kerangka karangan dan praktik menyusun kerangka karangan
  10. Memilih dan menentukan gagasan ilmiah dalam genre mikro
  11. Mengembangkan gagasan ilmiah dalam genre makro
  12. Membangun argumentasi akademik dengan tema ‘mengapa pajak diperlukan dalam kehidupan manusia
  13. Menulis argumentasi akademik dalam bentuk artikel akademik dan menyunting artikel secara bersama-sama dalam kelompok
  14. Menulis artikel akademik secara mandiri dengan tema ‘fungsi pajak dalam pembangunan
  15. Menyajikan artikel ilmiah secara lisan melalui presentasi secara mandiri di kelas

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah

  • CPL01 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL02 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4):
  • CPL03 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL04 : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9):
  • CPL05 : Menghargai pendapat atau temuan orisinal orang lain (S10);
  • CPL06 : Menguasai teknik, prinsip dan konsep umum komunikasi secara lisan maupun tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis (P8);
  • CPL07 : Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya (P10);
  • CPL08 : Menguasai konsep dan prinsip penulisan ilmiah (P11);
  • CPL09 : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2);
  • CPL10 : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni (KU3);
  • CPL11 : Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4);
  • CPL12 : Mampu berkomunikasi secara efektif (KU6);
  • CPL13 : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9);
  • CPL14 : Mampu membuat karangan ilmiah dalam berbagai bentuk (makalah, tugas, tugas akhir, skripsi) (KK).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  • CPMK1 : Mampu menjelaskan hakikat, konsep dan fungsi bahasa (S3, S4, S8, P8, P10, KU3)
  • CPMK2 : Mampu menjelaskan ragam dan laras bahasa (S4, S10, P8, KU2, KU3, KU9)
  • CPMK3 : Mampu membuat kalimat efektif dalam karangan ilmiah dan mempraktikkannya (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6)
  • CPMK4 : Mampu menyusun paragraf dalam karangan ilmiah dan mempresentasikannya (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6)
  • CPMK5 : Mampu memilih kata yang tepat untuk menyampaikan gagasan ilmiah yang terkait dengan aspek sintaksis, kaidah makna, kaidah sosial, dan kaidah karang mengarang (S4, S9, P8, P4, KU2, KU3, KU4)
  • CPMK6 : Mampu membuat topik, tujuan, dan tesis dalam karangan ilmiah (S3, S8, S9, P8, P10, P11, KU4, KU6, KU9)
  • CPMK7 : Mampu memahami informasi teknis tentang penulisan sebuah karangan ilmiah dan mampu mempraktikkannya dengan menulis sebuah karya ilmiah, seperti makalah ((S3, S8, S9, P8, P10, P11, KU4, KU6, KU9)
  • CPMK8 : Mampu membuat, abstrak, kutipan, sistem rujukan, dan daftar pustaka dalam penulisan (S4, S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU2, KU9)
  • CPMK9 : Mampu membuat kerangka karangan dan praktik menyusun kerangka karangan (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6)
  • CPMK10 : Memilih dan menentukan gagasan ilmiah dalam genre mikro (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6, KU9)
  • CPMK11 : Mengembangkan gagasan ilmiah dalam genre makro S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6, KU9)
  • CPMK12 : Mampu membangun argumentasi akademik tematik dengan tema ‘mengapa pajak diperlukan dalam kehidupan manusia’ (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6, KU9)
  • CPMK13 : Mampu menulis argumentasi akademik dalam bentuk artikel ilmiah tematik secara bersama-sama dalam kelompok (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6, KU9)
  • CPMK14 : Mampu menulis artikel ilmiah tematik secara mandiri dengan tema ‘fungsi pajak dalam pembangunan’ (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU4, KU6, KU9)
  • CPMK15 : Mampu menerapkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam setiap pembuatan laporan, tugas, proposal, dan skripsi, serta mampu menyajikan tugasnya secara lisan melalui presentasi secara mandiri di kelas (S8, S9, S10, P8, P10, P11, KU 4, KU6, KU9)

RPS Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Buku Ajar Indonesia

Mata kuliah kewarganegaraan merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. 
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum pengembangan kepribadian dalam memahami tentang Indonesia,  Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami dan berperanserta sebagai warga negara, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, diharapkan menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

Materi Pembelajaran :

  1. Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kemampuan utuh sarjana atau professional.
  2. Identitas nasional sebagai salah satu determinan pembangunan bangsa dan karakter.
  3. Integrasi nasional sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa.
  4. UUD 1945 dan ketentuan perundang-undangan di bawah UUD.
  5. Kewajiban dan hak Negara dan warganegara dalam demokrasi yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat.
  6. Demokrasi Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
  7. Penegakan hukum yang berkeadilan.
  8. Wawasan nusantara sebagai konsepsi dan pandangan kolektif kebangsaan kebangsaan Indonesia dalam konteks pergaulan dunia.
  9. Ketahanan nasional dan bela Negara bagi Indonesia dalam membangun komitmen kolektif kebangsaan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  •  CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10);
  • CPL11 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; (KU04);
  • CPL12 : Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya; (KU05);
  • CPL-13 : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU08);
  • CPL14 : Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global; (KU09);
  • CPL-15 : Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme (KU10);
  • CPL-16 : Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian (KU11).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  • CPMK1 : Mahasiswa dapat memahami cakupan materi Pendidikan Kewarganegaraan
  • CPMK2 : Mahasiswa dapat menguraikan konsep kewarganegaraan dalam dinamika dan tantangan Pendidikan Kewarganegaraan.
  • CPMK3 : Mahasiswa dapat memahami esensi dan urgensi identitas nasional ditinjau dari sumber histotis, sosiologis, dan politik.
  • CPMK4 : Mahasiswa dapat memahami etimologi integritas nasional sebagai wujud kesatuan bangsa
  • CPMK5 : Mahasiswa dapat memahami konsep dan urgensi konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • CPMK6 : Mahasiswa dapat memahami harmonisasi kewajiban, hak negara dan warga negara dan bela negara.
  • CPMK7 : Mahasiswa dapat menguraikan konsep dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan.
  • CPMK8 : Mahasiswa dapat memahami konsep dan urgensi Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan IPOLEKSOSBUDHAMKAN.
  • CPMK9 : Mahasiswa dapat menganalisis pengertian Astagrata, dan Pertahanan keamanan
  • CPMK10 : Mahasiswa dapat menganalisis pengertian Polstranas (politik dan strategi Nasional).
  • CPMK11 : Mahasiswa dapat menganalisis inklusi kesadaran pajak dan mengimplementasikan dalam Pembangunan Nasional.
  • CPMK12 : Mahasiswa dapat membuat project citizen I dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.
  • CPMK13 : Mahasiswa dapat membuat project citizen II dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

RPS Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan

Panduan Insersi Pendidikan Antikorupsi dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (2019)

 

Mata kuliah Pancasila merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan ideologi bangsa, yang menjadikan bangsa Indonesia berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk mengkaji Pancasila secara akademik, dan menjadikan Pancasila sebagai perspektif untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah bangsa dan negara.

Materi Pembelajaran :

  1. Pengantar Pendidikan Pancasila
  2. Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia
  3. Pancasila sebagai dasar negara
  4. Pancasila sebagai ideologi negara
  5. Pancasila sebagai sistem filsafat
  6. Pancasila sebagai sistem etika
  7. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan pada mata kuliah
  • CPL01 : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1);
  • CPL02 : Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2);
  • CPL03 : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3);
  • CPL04 : Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4);
  • CPL05 : Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5);
  • CPL06 : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6);
  • CPL07 : Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7);
  • CPL08 : Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8);
  • CPL09 : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9);
  • CPL10 : Menginternalisasi kewirausahaan. semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10).
  • CPL11 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; (KU04);
  • CPL12 : Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya; (KU05);
  • CPL13 : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU08);
  • CPL14 : Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global (KU09);
  • CPL15 : Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme (KU10);
  • CPL16 : Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian (KU11).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  • CPMK1 : Mampu menalar dan menyusun argumentasi pentingnya pendidikan Pancasila sebagai komponen mata kuliah wajib umum dalam sistem pendidikan di Indonesia;
  • CPMK2 : Mampu menjelaskan dan mempresentasikan dinamika Pancasila secara historis, dan merefleksikan fungsi dan kedudukan penting Pancasila dalam perkembangan Indonesia mendatang;
  • CPMK3 : Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara;
  • CPMK4 : Mampu menjelaskan Pancasila dalam UUD 1945 serta implementasinya dalam pembuatan kebijakan dan peraturan perundang-undangan;
  • CPMK5 : Mampu menjelaskan konsep, urgensi, historis, dinamika, tantangan serta peran Pancasila sebagai sistem ideologi;
  • CPMK6 : Mampu menjelaskan dan mengembangkan karakter pancasilais yang teraktualisasi dalam sikap;
  • CPMK7 : Mampu memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila;
  • CPMK8 : Mampu menjelaskan perbedaan nilai, moral, etika, etiket, dan norma, serta menjelaskan teori etika, aliran-aliran etika, peran etika sebagai filsafat moral;
  • CPMK9 : Mampu memahami Pancasila sebagai sistem etika dan solusi problem moralitas bangsa;
  • CPMK10 : Mampu menggambarkan sejarah perkembangan ilmu, dan menjelaskan ciri-ciri ilmu dan pilar penyangga ilmu serta memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu yang religius, ilmu yang humanis dan ilmu untuk pembangunan bangsa;
  • CPMK11 : Mampu memahami dan menyatakan bahwa membayar pajak merupakan pengamalan sila-sila dalam Pancasila;

RPS Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Buku Ajar Pendidikan Pancasila

Panduan Insersi Pendidikan Antikorupsi dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila (2019)